Select Page

5 Jenis Virus Yang Sering Menyerang Komputer

5 Jenis Virus Yang Sering Menyerang Komputer
Jenis Virus

Semakin berjalannya waktu, semakin pesat juga perkembangan teknologi yang ada. Tidak terkecuali perkembangan teknologi pada bidang komputer dan internet. Namun dibalik perkembangan yang signifikan tersebut ada saja virus berbahaya yang menyerang komputer kita. Apa saja jenis virus yang sering menyerang komputer? Simak artile tentangĀ 5 Jenis Virus Yang Sering Menyerang Komputer dibawah ini

Jenis Virus Yang Sering Menyerang Komputer

1. Trojan

Trojan
Trojan merupakan salah satu virus berbahaya yang dapat merusak sistem atau jaringan komputer kamu. Tujuansebenarnya orang membuat virus tersebut ialah untuk mencuri berbagai informasi seperti password, data pentingdll. Selain dapat mencuri data komputer kamu, virus tersebut juga bisa memungkinkan pelaku untuk mengendalikankomputer kamu. Biasanya virus trojan tersebut berasal dari situs yang kamu kunjungi ataupun melalui email yangkamu terima. Biasanya tanda jika komputer kamu sudah terkena virus trojan ialah harddisk komputer kamu akandipenuhi oleh file sampah yang sebelumnya tidak ada. Maka dari itu sebaiknya scan komputer kamu secara berkala.

2. Worm

Worm virus
Worm atau dalam bahasa indonesianya ialah caing komputer merupakan salah satu jenis firus yang dapatmenggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer kamu. Biasanya virus tersebut memanfaatkan internetuntuk menggandakan diri tidak seperti virus yang bisa menggandakan diri lainnya yang biasanya menggandakan diridengan menyisipkan dirinya pada program komputer kamu. Meski virus yang satu ini tidak terlalu berbahaya,namun jika dibiarkan terlalu lama maka virus tersebut akan menginfeksi ke komputer lainnya yang terhubung dengan LAN, WAN, Internet. Tidak hanya menginfeksi komputer lain virus tersebut juga bisa merusak file, mencuridokumen, melihat e-mail. Selain menginfeksi melalui internet virus tersebut juga bisa berasal dari email yangkamu terima.

3. Memory Resident Virus

Memory Resident Virus
virus jenis tersebut sedikit berbeda dari virus lainnya, jika virus lainnya merusak system ataupun mencuru datalain halnya dengan virus tersebut. Seperti namanya Memory Resident Virus tersebut biasanya menginfeksi memoriyang ada pada komputer. Virus jenis ini biasanya menyerang RAM ( Random Access Memory ) kamu. Jika komputerkamu sudah terinfeksi Virus tersebut biasanya ditandai dengan kinerja komputer kamu menjadi lambat atau lemotmeski kamu hanya membuka beberapa aplikasi. Cara mengatasi virus tersebut cukup mudah, cukup bersihkan virus tersebut menggunakan aplikasi antivirus saja.

4. FAT Virus

FAT Virus
virus tersebut merupakan salah satu jenis firus yang dapat merusak file atau data yang ada pada komputer kamu.Tidak hanya merusak, virus tersebut juga bisa menghilangkan data yang terinfeksi oleh virus tersebut. Hilangnyadata tersebut juga tidak akan kamu sadari karena virus ini membuat file yang terinfeksi tersebut seolah – olahterhapus dari komputer kamu. Tentu hal tersebut sangat merugikan kita apalagi jika file yang terinfeksimerupakan file yang sangat penting. Untuk mengatasinya cukup scan dengan antivirus secara berkala saja, jika ditemukan virus FAT tersebut maka langsung dihaps saja.

5. Directory Virus

Directory Virus
Directory virus merupakan jenis virus yang menginfeksi file – file yang berekstensi exe. Untuk mengenali virustersebut tergolong susah karena antivirus tidak bisa mendeteksi virus tersebut. Biasanya virus tersebutterlihat pada saat kamu membuka file yang berekstensi exe lalu file tersebut bukannya terbuka tetapi malah hilang ataupun error. Untuk mengatasi virus tersebut cukup susah kamu perlu untuk menginstal ulang komputer kamu.

Nah itu dia 5 Jenis Virus Yang Sering Menyerang Komputer menurut faulknerstate.org. Jadi, Jika ingin menambah list diatas bisa Tulis di kolom komentar yah dan kalau kamu suka artikel ini kamu bisa share di sosial media kamu.

About The Author

admin

faulknerstate.org Membagikan Informasi Terkait Teknologi dan Gedget Terupdate.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *