Select Page

5 Penyebab Smartphone Menjadi Lemot Dan Solusinya

5 Penyebab Smartphone Menjadi Lemot Dan Solusinya

Pada saat ini smartphone memang sangat memudahkan kita sebagai penggunanya, baik digunakan untuk chatting, browsing, mengambil foto, dll. Tidak sedikit juga orang mengeluh karena smartphone yang mereka miliki terasa lemot. Namun tahukah kamu apa penyebab smartphone menjadi lemot dan solusinya?

5 Penyebab Smartphone Menjadi Lemot Dan Solusinya

1. Menggunakan Smartphone Secara Berlebihan

Menggunakan Smartphone Secara berlebihan
Jika Manusia yang dipaksa bekerja secara berlebihan maka manusia juga akan mengalami sakit, sama seperti smartphone kita jika terlalu paksa saat digunakan maka akan menyebabkan lemot dan jika sudah lemot dan dipaksa lagi untuk beraktivitas maka smartphone bisa mengalami kerusakan baik Software maupun Hardwarenya. Ibarat kamu ingin memainkan game yang membutuhkan spesifikasi RAM diatas 1 GB dan RAM smartphone kamu hanya 1 GB, Namun kamu tetap menginstal game tersebut maka hal yang akan terjadi ialah pada saat kamu bermain game tersebut smartphone kamu akan terasa lemot. Tidak hanya pada saat memainkan game saja tetapi pada saat tidak memainkan gamepun akan terasa sedikit lebih lemot dari biasanya.

2. Cache Menumpuk

Chache Menumpuk
Cache merupakan file sementara yang tersimpan dimemori internal smartphone kamu. Memang penyimpanan file tersebut bisa mempercepat proses saat membuka suatu aplikasi tertentu. Namun, file cache juga bisa menumpuk dan membebani smartphone dan menyebabkan smartphone kita menjadi lemot. Sebisa mungkin membersihkan file cache setidaknya 1 minggu 1 kali agar mencegah terjadinya penumpukkan cache pada memori internal smartphone.

3. Memori Internal Penuh

Memori Internal Penuh
Cache memang merupakan penyebab memori internal smartphone penuh, tapi tidak hanya cache saja yang berperan dalam penuhnya memori internal. Banyaknya aplikasi baik yang digunakan maupun tidak digunakan juga mengambil peran penting dalam penuhnya memori internal kita. Karena semakin banyak aplikasi maka semakin banyak juga data cache yang harus disimpan dimemori internal. Saat memori smartphone kita penuh maka smartphone kita akan kesulitan untuk menyimpan data baru, hal tersebut berakibat terjadinya lemot pada smartphone. Untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah, hanya dengan menghapus aplikasi yang tidak lagi kamu gunakan dan juga sebisa mungkin simpan data gambar dan video di dalam memori eksternal.

4. Aplikasi Menumpuk pada Background

Recent Apps
Kini rata – rata Smartphone telah memilikifitur multitasking. Fitur multitasking memungkinkan kamu untuk membuka beberapa aplikasi kemudian berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang telah terbuka di menu Recent Apps. Memang fitur tersebut sangat membantu para pengguna smartphone, tapi fitur tersebut memiliki kekurangan yaitu penggunaan RAM pada smartphone akan terpakai dan jika terlalu banyak membuka aplikasi maka semakin banyak juga RAM yang akan terpakai. Hal tersebutlah yang membuat smartphone saat membuka suatu aplikasi akan terasa lemot. Solusi untuk masalah ini yaitu kamu tingaal membersihkan aplikasi yang berada pada menu recent apps kamu atau kamu bisa force stop aplikasi yang tidak digunakan lagi.

5. Jarang Update Software

Jarang Update Software
Biasanya para pengembang software akansecara rutin mengupdate aplikasi yang mereka buat untuk memperbaiki dan menambahkan beberapa fitur pada aplikasi yang mereka buat. Sangat disarankan untuk mengupdate setiap aplikasi yang kamu ada, karena software yang jarang diupdate akan menyebabkan lemotnya smartphone kamu. Tidak hanya berlaku pada aplikasi saja sistem operasi pada smartphone juga harus selalu diupdate agar bisa memperbaiki bug yang ada pada versi sebelumnya.

Nah itu dia 5 Penyebab Smartphone Menjadi Lemot Dan Solusinya menurut faulknerstate.org. Jadi, mana nih yang sering kalian lakukan? jika ingin menambah list diatas bisa Tulis di kolom komentar yah dan kalau kamu suka artikel ini kamu bisa share di sosial media kamu.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *